Pedoman Bertransaksi secara Aman

Baca secara cermat tips dan panduan cara bertransaksi online secara aman di bawah:

  1. Cek Pengiklan
    Untuk menghindarkan diri dari tindak kejahatan, periksa terlebih dahulu latar belakang dan aktivitas sang pengiklan. Lihat halaman profilnya di Iklane.com.

    Jika pengiklan mencantumkan link jejaring sosialnya di data kontak, Anda bisa memeriksa profilnya, melihat berapa lama profil tersebut dibuat, membaca update status dan percakapannya, serta jumlah teman atau pengikut yang dimilikinya untuk memastikan bahwa yang bersangkutan adalah benar-benar orang atau perusahaan yang sama.

    Jika pengiklan mencantumkan alamat website di data kontaknya, cek websitenya adalah website terpercaya. Pelaku bisnis yang sudah memiliki website sendiri secara umum lebih meyakinkan daripada pelaku bisnis yang hanya menggunakan website atau blog gratisan.

    Jika Anda sudah yakin, baru lakukan kontak awal melalui data kontak yang disediakan pengiklan.
  2. Utamakan Lokasi
    Jika memungkinkan, temukan penawaran yang berlokasi di kota Anda atau terjangkau dari tempat domisili Anda. Dengan demikian, Anda dapat leluasa memeriksa barang atau jasa yang ditawarkan sebelum memutuskan melakukan transaksi.

    Jika pengiklan adalah perorangan, pastikan Anda melakukan pertemuan di tempat yang aman dan ajak teman untuk menemani Anda saat melakukan pertemuan.

    Ingat, ada uang ada barang. Jangan serahkan uang sebelum ada barang, jasa, atau bukti / jaminan yang meyakinkan dari sang penjual.
  3. Transaksi Jarak Jauh
    Jika lokasi pengiklan jauh dan mengharuskan Anda untuk melakukan transfer dan menggunakan jasa kurir / pos untuk pengiriman barang, maka cek lebih dalam untuk mengetahui latar belakang sang pengiklan.

    Jika pengiklan adalah sebuah perusahaan atau layanan bisnis, maka lakukan pencarian (misalnya di Google) dan lihat testimoni yang diberikan orang lain mengenai perusahaan atau layanan bisnis tersebut. Umumnya orang yang merasa puas atau merasa dirugikan akan membagikan pengalaman bertransaksinya di jejaring sosial, blog pribadi, atau website ulasan.

    Jika pengiklan adalah perorangan, maka jika memungkinkan mintalah bantuan rekan atau saudara yang ada di kota tersebut untuk membantu Anda memeriksa barang atau jasa yang ditawarkan.

    Periksa informasi tata-cara pembayaran yang ditawarkan pengiklan. Jika tersedia, pilihlah sistem COD (Cash on Delivery) atau bayar saat barang sampai di tempat. Jika tidak tersedia sistem COD, maka pilih opsi transfer bank dan pastikan struk transfer Anda simpan sebagai bukti. Hindari sistem pembayaran via kartu kredit, karena informasi kartu kredit sangat rawan untuk disalahgunakan di internet. Jangan lupa untuk selalu meminta nomor resi pengiriman, penyedia layanan pos atau titipan kilat umumnya menyediakan fasilitas tracking kiriman di website resminya. Simpan nomor HP, catatan percakapan, dan pesan teks selama berinteraksi dengan sang pengiklan.

    Jangan sampai salah alamat kirim. Berikan alamat tujuan pengiriman secara lengkap, termasuk kode pos. Sertakan nomor telepon Anda agar dituliskan di alamat tujuan pengiriman.

    Jika nilai barang cukup mahal, maka mintalah agar pengiriman barang menggunakan fasilitas asuransi yang umumnya disediakan oleh jasa kurir/pos populer.
  4. Garansi & Jaminan
    Cermat saat melakukan pembelian. Jangan mudah terkecoh dengan penawaran harga yang terlalu murah dan tidak masuk akal. Pastikan barang atau jasa yang Anda pilih sesuai dengan yang Anda terima.

    Pastikan pengiklan memberikan jaminan dan garansi uang kembali atau tukar barang jika item yang Anda terima cacat atau tidak sesuai dengan pesanan. Buatlah kesepakatan di awal dengan sang pengiklan, termasuk mengenai tata-cara pengembalian atau penukaran barang.
  5. Data Pribadi
    Hanya berikan informasi nama, alamat, dan nomor kontak Anda untuk kebutuhan pengiriman barang pesanan Anda.

    Waspada atas permintaan data pribadi yang tidak logis dan tidak diperlukan dalam bertransaksi. Jangan berikan kata sandi akun Anda di Iklane.com atau di situs manapun. Jangan berikan informasi tanggal lahir, nomor SIM/KTP, atau informasi sejenisnya. Jangan berikan nomor rekening bank jika tidak ada aktivitas pengembalian uang dan barang. Informasi-informasi penting tersebut dapat disalahgunakan orang yang berniat jahat di internet. Justru Anda lah yang berhak meminta data rekening bank penjual dan meminta salinan / fotocopy bukti diri yang bersangkutan sebagai jaminan.

Penting!

Iklane.com saat ini tidak memberikan layanan mediasi terkait penawaran pengiklan dan aktivitas transaksi Anda. Waspadai dan laporkan jika ada pihak yang mengatasnamakan Iklane.com sebagai perantara atau fasilitator bagi transaksi Anda. Kontak dan lakukan negosiasi secara langsung dengan pengiklan tanpa perantara.